Keluarga besar SD Hj. Isriati mengadakan Acara Halal Bi Halal memasuki  awal Bulan Syawal dan sebagai awal kegiatan pembelajaran sesudah libur Hari Raya Idul Fitri 1445H. Diikuti seluruh guru dan pegawai pada tanggal 22-23 April 2024, acara dibagi menjadi 3 sesi yakni yang pertama dimulai pukul 07.00 – 09.00 WIB bertempat di lapangan upacara SD HJ ISRIATI 1 SMG dilaksanakan bersama-sama seluruh civitas SD Isriati meliputi seluruh pegawai bersama seluruh siswa.

       Halal Bi Halal diawali dengan Do’a pagi, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Isriati, Sekolah Jujur Sekolah Saya, dan Senam P5. Acara dilanjutkan dengan sambutan sejenak oleh Ibu Kepala Sekolah kemudian bersalam-salaman dimulai dari Bapak Ibu Guru dan pegawai kemudian dilanjut siswa kelas 1 terlebih dahulu hingga kelas 6.

       Acara halal bi halal sesi ke-2 bertempat di Hotel Metro Jl. Kh. Agus Salim no. 2-4 Semarang pada pukul 10.00 hingga pukul 13.00 WIB. Dihadiri oleh komite, alumni, sesepuh,  dan keluarga besar SD Hj. Isriati Baiturrahman 1. Acara belangsung meriah diiringi dengan music religi yang dinyanyikan oleh Mrs. Neny Suryani, S.Pd. dan dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Bapak Riklan, S.Pd. Adapun memasuki sambutan-sambutan, yang pertama sambutan dari Kepala Sekolah Ibu Sri Lestari S.Pd., M.Pd. yang kedua sambutan dari Komite Ibu Dwi Astuti, sambutan dari Pengawas Sekolah Ibu Sri Tantowiyah, M.Pd. sambutan Pengawas Sekolah Bapak Amir Yusuf, M.Pd. sambutan dan testimony dari Alumni SD Isriati 1 diantaranya menyampaikan kesan saat masih berada di sekolahan bahwa mereka masih ingat ketika diajar oleh wali kelasnya dulu dan mereka merasa bangga menjadi lulusan SD Hj. Isriati. Sambutan berikutnya yakni dari Ketua II YPKPI Masjid Raya Baiturrahman  Jawa Tengah Bapak Prof. Ahmad Rofiq, M.A. Selanjutnya memasuki acara inti yakni halal bi halal, para hadirin saling berjabat tangan untuk saling maaf memaafkan. Acara dilanjut dengan ramah tamah dan penutup.

       Sesi ke-3 halal bi halal diadakan di Ballroom Masjid Raya Baiturrahman Semarang Jawa Tengah pada Selasa, 23 April 2024 pukul 13.00 WIB bersama keluarga besar YPKPI Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah. Diawali dengan ramah tamah dahulu dengan diiringi oleh alunan rebana dan shalawat. Acara kemudian dibuka dengan pembacaan basmallah dan Qori’ Al-Qur’an oleh Ustadz Muhammad Yusuf, S.Hi. dilanjutkan yakni sambutan dari Ketua Umum YPKPI Masjid Raya Baiturrahman Jateng Bapak KH. Ahmad Daroji, M.Si. Dilanjutkan pelepasan jamaah haji Baiturrahman tahun 2024 yang berjumlah 50 jamaah haji. Rombongan haji ini diketuai oleh KPI Baiturrahman bidang sarana dan prasarana yakni Bapak H. Aminudin dan secara simbolis pelepasan dilakukan dengan memakaikan sorban kepada jamaah haji yang dilakukan oleh Ketua Umum dan Wakil Ketua YPKPI Masjid raya Baiturrahman Jawa Tengah. Dalam acara ini juga turut hadir pengisi tausiyah yakni Al Habib Muhammad Bin Farid Al Muthohar yang menyampaikan dalam tausiyahnya mengenai Pentingnya Bulan Ramadhan dan Pentingnya Budaya Kita yang luar biasa yakni Halal Bi Halal.

       Al Habib Muhammad Bin Farid Al Muthohar menyampaikan bahwa Bulan Ramadhan menjadi bulan yang Istimewa karena ibadah apapun yang kita lakukan akan terasa ringan. Orang-orang lebih semangat dan bertambah energinya ketika beribadah di Bulan Ramadhan.

       “Di Bulan Ramadhan, orang yang senangnya baca lewat HP tidak pernah buka Al-Qur’an menjadi sering membuka dan membaca Al-Qur’an bahkan ada yang mudah menghatamkannya. Kemudian yang sulit bangun untuk tahajud ini mudah sekali bangun untuk sahur padahal kita lihat jamnya sama ketika sahur dan tahajud. Apalagi yang biasanya susah untuk subuhan di Bulan Ramadhan ini masya Allah jadi shalat subuh berjamaah di masjid.”

       Dalam tausiyahnya Al Habib juga menyampaikan bahwa sesudah kita menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan, jika kita benar-benar lulus maka kita akan Kembali kepada fitri, kembali menjadi bersih dari dosa. Kecuali dosa dengan manusia yang hanya bisa dihapus jika ada ridho dari orang yang kita salahi, maka dengan adanya halal bi halal ini menjadi sangat penting yang in sya Allah dapat meleburkan dosa dengan kawan kita.

       “Sebesar apapun dosa kita dengan Allah maka in sya Allah akan diampuni karena Allah maha pengampun yang ampunannya seluas langit dan bumi. Beda halnya dosa kita dengan sesama manusia, urusannya bisa sangat ruwet bapak ibu. Tapi alhamdulillah kita diberi wadah untuk saling memaafkan yakni halal bi halal yang juga tidak harus menyebut merk dosa kita ke kawan kita itu apa. Jadi bapak ibu tidak usah sebut kita pernah gibah tentangnya misal tapi langsung saja memohon maaf dan saling mendoakan yang baik, in sya Allah bersih dosa kita sama orang tersebut.”

       Acara ditutup dengan do’a dari sang Al Habib dan dilanjutkan dengan kegiatan inti yakni Halal Bi halal bersama seluruh keluarga besar YPKPI Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah bersama seluruh tamu undangan.

Gallery Foto:



0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *