SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang The Global Islamic Elementary School adalah salah satu sekolah Islam di bawah naungan Yayasan Pusat Kajian dan Pengembangan Islam (YPKPI) Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah, bertaraf internasional yang berwawasan global, mengedepankan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya Indonesia, serta berlandaskan iman dan taqwa kepada Allah SWT dan berdasarkan Pancasila.

       Sekolah ramah anak ini senantiasa ber-JILBAB (jujur, ikhlas, lillahi ta’ala, bekerja keras, amanah, dan bertanggung jawab dalam pengelolaan pendidikan) dan ber-PECI (yaitu pancasilais, eling lan waspada, cerdas, dan ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tutwuri handayani) dalam bersikap. Selain itu SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang juga ber-SAJADAH (yaitu sabar, asih dan sayang, jujur dalam ucapan dan tindakan, asah yaitu mencerdaskan, dakwah yaitu mengembangkan dan menerapkan ilmu agama dalam kehidupan sehari-hari, asuh yaitu secara persuasif memberikan keteladanan kepada anak didik, dan harmonis) dalam memberikan layanan pendidikan.

A. SEJARAH

1. Pendirian

       Secara de fakto berdiri dan menjalankan operasionalnya pada tanggal 16 Juli 1985.  Namun secara de jure, ijin operasional sementara, dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Nomor 1179/I03/I.87. baru turun pada 23 Juli 1987. Dan pada tanggal 6 Juni 1991 mendapatkan SK Gubernur KDH Tk. I Jawa Tengah, dengan    Nomor : 421.2/Swt/09237/1991. Nama Hj. Isriati, diambil dari nama almarhumah Hajjah Isriati istri Letjend. (Purn) H. Moenadi, mantan Gubernur Jawa Tengah periode tahun 1966-1974. Karena beliau yang memiliki gagasan untuk mendirikan lembaga pendidikan Islam di lingkungan Masjid Raya Baiturrahman Semarang.

2. Letak Geografis

       SD H. Isriati Baiturrahman terletak di kawasan Simpang Lima, yaitu kawasan pusat Kota Semarang, tepatnya di Jalan Pandanaran 126 Semarang, Kelurahan Pekunden, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Propinsi Jawa Tengah. Bangunan sekolah seluas 3.200 meter persegi ini, berdiri megah di atas tanah seluas 11.765 meter persegi, satu komplek dengan TK Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang dan Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah, di sebelah barat Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang.

3. Perkembangan Sekolah

       Sejak berdiri tahun 1985 sampai sekarang SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang telah mengalami beberapa periode perkembangan dan kepemimpinan sekolah, yaitu :

3.1 Periode I pada tahun 1985 – 1987 (Periode Keperintisan)

ulfah isriati
Hj. Siti Nizam Maria Ulfah, S.Pd

Pada periode ini SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang dipimpin oleh Hj. Siti Nizam Maria Ulfah, S.Pd. Beliau bersama 5 (lima) orang guru dan pengurus Yayasan merintis berdirinya SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang, dengan siswa sebanyak 12 anak pada tahun pertama dan 30 anak pada tahun ke dua. Selama dua tahun berhasil meletakkan pondasi berdirinya SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang, yang waktu itu bernama SD H. Isriati Baiturrahman Semarang.

3.2 Periode II pada tahun 1987 – 2000 (Periode Pencarian Jati Diri)

Pada periode ini SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang dipimpin oleh Dra. Hj. Sri Tantowiyah, M.Pd. Beliau mengembangkan pendidikan sekaligus mencari dan membentuk jati diri sebagai sekolah bernuansa islami. Selama 13 tahun SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang memantapkan diri sebagai sekolah Islam yang terkemuka dan berprestasi di Kota Semarang dan Jawa Tengah.

Dra. Hj. Sri Tantowiyah, M.Pd

3.3 Periode III pada tahun 2000 – 2008 (Periode Pengembangan Mutu Pendidikan)

Sunoto

Pada periode ini SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang dipimpin oleh Sunoto. Beliau memfokuskan pada peningkatan mutu layanan pendidikan melalui peningkatan mutu SDM, mutu KBM, sarana prasarana, layanan Kelas Akselerasi dan Kelas Inklusi. Selama 8 (delapan) tahun program tersebut telah terwujud. Selama itu pula SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang namanya mencuat sampai tingkat nasional dan bahkan internasional dengan berbagai prestasinya baik di tingkat nasional dan internasional.

3.4 Periode IV pada tahun 2009 – 2016 (Periode Menuju Pendidikan Standard International)

Pada periode ini SD Hj. Isriati Biturrahman 1 Semarang, dipimpin oleh Drs. H. Yakub. Beliau melanjutkan peningkatan mutu dan kinerja sekolah menuju layanan bertaraf internasional, dengan mengembangkan Program Kelas Internasional (International Class Program) dan Kelas Olimpiade. Selama 8 (delapan) tahun SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang berhasil meningkatkan prestasi hingga tingkat internasional.

Drs. H. Yakub

3.5 Periode V pada tahun 2017 – 2020 (Periode Peningkatan Prestasi Tingkat Internasional)

Drs. H Musadat, M.Pd

Pada periode ini SD Hj. Isriati Biturrahman 1 Semarang, dipimpin oleh Drs. H Musadat, M.Pd. Beliau memfokuskan pada peningkatan prestasi siswa tingkat internasional dan layanan Kelas Tahfiz. Selama 3,5 tahun program tersebut telah terlaksana dengan sukses, dengan peningkatan prestasi tingkat internasional di bidang Mathematics, Science, dan Olahraga.

3.6 Periode VI pada tahun 2020 – 2024 (Periode Sekolah Digital Berkarakter Unggul dan Berbudaya Prestasi)

Pada periode ini SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang, dipimpin oleh Amir Yusuf, M.Pd.  Beliau memfokuskan pada peningkatan layanan pendidikan berbasis digitalisasi dan pengembangan kompetensi abad 21 yaitu kompetensi Critical thinking dan Problem Solving, Creativity, Communication Skill, dan Ability to Work Collaboratively.

Amir Yusuf, M.Pd

3.7 Periode VII pada tahun 2024 – 2027 (Periode Penguatan Sekolah di Era Digital dan Peningkatan SDM Guru)

Sri Lestari, M.Pd.

Pada periode ini SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang, dipimpin oleh Sri Lestari, M.Pd. Beliau melanjutkan peningkatan dan pengembangan sekolah di era digital dengan mengupayakan penggunaan tablet atau gadged dalam proses pembelajaran. Beliau sebagai guru penggerak juga memfokuskan pada peningkatan SDM Guru dan Karyawan Sekolah agar dapat memajukan sekolah di era serba digital.