Semarang– Dalam rangka meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa, perlu menumbuhkan budaya gemar membaca melalui perpustakaan yang merupakan salah satu pusat sumber belajar dan sebagai prasarana untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah. Adanya lomba perpustakaan menjadi penting agar sekolah selalu gencar melaksanakan program kerja perpustakaan sehingga tujuang Pendidikan di Indonesia dapat tercapai dan maju.

       Pada kesempatan kali ini SD Hj. Isriati berhasil meraih nominasi 10 besar untuk lomba perpustakaan SD/MI Tingkat Kota Semarang yang sudah mengikuti seleksi administrasi sejak tanggal 23 Maret 2024. Visitasi penilaian tim juri dilaksanakan pada Kamis, 18 April 2024 pada pukul 15.00 hingga pukul 18.00 WIB. Acara bertempat di ruang kelas 1D dan ruang perpustakaan utama  SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang.

       Adapun yang bertindak sebagai tim visitasi antara lain dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi yakni Bp.  Muhammad Ahsan (Sekdir Arpus), Bp. Bambang Agus Pamuji (Pustakawan Arpus Provinsi), Bapak Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia Semarang (IPI) Bahrul Ulumi, dan diikuti tim pustakawan Kak Kanza, Kak Ricky, dan Kak Boma. Ada juga tamu undangan antara lain Koordinator Pengawas Korsatpen Kecamatan Semarang Tengah Ibu Sujinah Wuri Handriyani, S.Pd., Kabid Pendidikan Dr. H. Bunyamin, M.Pd., dan Pengawas Sekolah YPKPI Masjid Raya Baiturrahman Jateng Amir Yusuf, M.Pd.

       Acara dibuka oleh pembawa acara Mrs. Ika Muhairini, M.Pd. dengan pembacaan basmalah bersama dan pantun. Kemudian acara dilanjutkan dengan ucapan selamat datang kepada tim visitasi oleh Kabid Pendidikan Yayasan Bapak Bunyamin, M.Pd. Beliau merasa sangat senang dapat hadir mengikuti acara yang sangat berarti ini dalam rangka meningkatkan pelayanan pendidikan khususnya untuk membangun literasi bagi seluruh warga sekolah.

       “Ijinkan saya mewakili Ketua Yayasan MRB Jateng Bapak KH. Dr. Ahmad Daroji. Bahwa SD Hj. Isriati menjadi bagian dari Dinas Pendidikan melalui cabang dinas Kecamatan Semarang Tengah untuk mengikuti lomba perpustakaan ini. Saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim visitasi dan selamat datang di kampus SD Hj Isriati Baiturrahman 1 dalam rangka penilaian lomba perpustakaan. Upaya Yayasan untuk selalu mendukung apa yang menjadi tujuan dari sekolah.”

       Sambutan selanjutnya yakni pemaparan materi oleh Ibu Kepala Sekolah Sri Lestari, M.Pd. Beliau menyampaikan tema yang diusung dalam lomba perpustakaan kali ini dan apa saja program kerja yang telah berjalan.

       “Kami ingin mengembangkan literasi bagi anak-anak yakni salah satunya melalui pengembangan perpustakaan agar semakin baik dari tahun ke tahun. Tema yang kami angkat adalah perpustakaan yang modern, perpustakaan masa depan yang digital dan dapat diakses 24 jam. Selain itu nama perpustakaan kita yakni Perpustakaan Pandanaran bukan hanya beralamat di Jalan Pandanaran saja namun juga memiliki makna perpustakaan di antara ruangan-ruangan. Hal ini dapat dilihat dengan adanya rak buku yang sudah tersusun rapi di antara Lorong kelas lt.1 dan lt.2. yang mudah diakses dan memiliki daya tampung buku yang sangat banyak selain yang sudah ada di perpustakaan lt.4.”

       Pemaparan Ibu kepala Sekolah selanjutnya dibantu oleh Duta Cilik yakni Duta Baca dan Tim Karil SD Hj. Isriati Baiturrahman 1. Yang pertama yakni Ananda Adeeva (6A) yang menyampaikan program kerja perpustakaan antara lain dari penyusunan majalah kuntum, lomba duta literasi, dan sosialisasi ke taman-teman sekolah. Yang kedua Anada Adilah (6C) menambahkan  bahwa koleksi buku yang dimiliki sekolah sudah sesuai dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh para siswa, sehingga ananda dan teman-teman suka membaca buku yang ada di sekolah.

       Adapun cara masuk dan membaca di perpustakaan digital diterangkan oleh anada Deannisa (6B) dan Ananda Adrian (5B), caranya cukup menggunakan barcode yang sudah tertera  di dinding tiap kelas, jadi sangat mudah untuk mengaksesnya. Jika sudah masuk untuk mencari buku yang ingin dibaca cukup ketik judul atau penulis buku di kolom pencarian, atau jika tidak tahu buku apa yang ingin dibaca teman-teman bisa melihat buku koleksi terbaru yang ada di beranda atau layar depan perpustakaan digital.

      Setelah pemaparan materi oleh Ibu Kepala Sekolah dilanjutkan penilaian dokumen dan data dukung bukti fisik yang dilakukan di ruang perpustakaan lt.4. Tim visitasi memeriksa bukti dokumen yang telah dipersiapkan oleh Tim Kelola Perpustakaan Pandanaran. Dalam penilaian tersebut terlihat juga Duta Literasi Ananda Adeeva dan Tim Karya Ilmiah yakni Ananda  Adilah, Deannisa, dan Adrian yang cukup menguasai dalam menerangkan program kerja perpustakaan sekolah saat ditanyai oleh tim juri visitasi. Hal ini cukup membuat dewan juri merasa wah dan takjub saat bercengkrama dengan anak-anak hebat ini.

       Acara selanjutnya yakni penyampaian pesan dan kesan oleh tim visitasi, yang pertama Bapak Ahsan menyampaikan bahwa semua sudah dipersiapkan dan ini sudah sangat bagus perlu dipertahankan dan ditingkatkan, untuk informasi saja bahwa jika ada hasil literasi karya tulis atau karya cetak dari siswa maka sebaiknya di-ISBN-kan biar tidak hanya tersimpan di perpustakaan sekolah tapi juga tersimpan di Perpustakaan Kota Semarang. Kami menyediakan layanan seperti ini minimal 2 eksemplar, yang satu di simpan di perpus Kota Semarang, yang satu bisa diambil, dan sudah tertera cap regristasinya di perpus Kota Semarang sebagai bukti untuk akreditasi dan bila dibaca masyarakat umum ada nilai tambah tersendiri.

       Sedangkan Bapak Bahrul Ulum menyampaikan bahwa pertama kali yang dicarinya saat datang di perpustakaan adalah pustakawan ciliknya, dan bagaimana keterlibatannya dengan perpustakaan sekolah.

       “Anak-anak saya rasa luar biasa sekali selain fasih dalam berbahasa inggris mereka juga memiliki kapasitas dan projek berbasis penelitian. Selain itu bapak-ibu, ketika saya tanya ada yang suka membaca, jawabnnya mereka suka dan banyak literasi yang mereka baca. Bahwa ada yang menghayati kisahnya Abraham Lincoln hingga menangis saat membacanya, mengapa seorang yang baik seperti Abraham Lincoln ini dibunuh dan sebagainya.”

       Memasuki akhir acara, pembawa acara menutup dengan pantun dan bacaan hamdalah bersama. Semoga penilaian lomba perpustakaan SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang mendapat hasil yang maksimal dan terbaik, aamiiin ya rabbal ‘alamiin.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *